Gula Kelapa, Gula Aren apa bedanya?

Maraknya industri gula merah memang membuahkan hasil yang sangat fantastis. gula yang dulu dikenal sebagai gula traditional ini kini mampu menjadi trend baru untuk menyembuhkan kesehatan. Terlebih diabetes yang memang memaksa orang yang suka manis, harus rela meninggalkan gula demi kesehatan. Di pasaran, gula merah atau yang nama lainnya Brown Sugar kini kita dapati dengan berbagai merk. Tapi yang perlu di perhatikan adalah apakah gula itu gula merah yang mengadung kalori yang rendah ataukahmengandung kalori yang tinggi sama seperti kalori pada gula putih biasa. di pasaran,biasanya gula merah ada beberapa macam. macam-macam tersebut adalah: 1. Gula Kelapa gula kelapa yang biasa dilihat di pasaran biasanya berwarna coklat muda. Biasanya gula ini menarik di warna karena kelihatan bersih. dari segi aroma, aroma gula kelapa lebih smooth daripada aroma gula merah pada umumnya. kepadatangula kelapa lebih mudah rapuh dan hancur ketika dalam bentuk padatan. Gula ini lebih cocok sebagai bahan pembuatan kue, masakan traditional, danberbagai macam masakan. Kalori gula ini lebih rendah dari pada gula pasir.
2. Gula Aren Gula aren memang jarang ditemui di pasaran. proses pembuatan gula ini lebih lama daripada gula kelapa. Pohonnya pun sudah sangat jarang di temui. Gula ini banyak ditemukan di daerah pula sulawesi. Dari segi warna, gula ini memang tidak menarik sama sekali. warnanya yang coklat kehitaman membuat orang menilai gula ini kotor pada saat penolahan. Dari aroma, gula ini aromanya lebih strong daripada gula kelapa. ketika padat, gula ini mempunyai kerapatan yang sangat rapat sehingga, bila di banting susah untuk terurai. namun kelemahan gula ini adalah ketika suhu ruangan yang panas dan lembap. Gula ini mudah berjamur di ruangan yang lembap dan mudah meleleh ketika suhu tinggi. Sistem penyimpanan pun harus lebih teliti lagi. Gula ini lebih cocok sebagai gula untuk pengganti gula pasir. Terlebih untuk minuman kopi, jamu, dan sebagainya.
Gula Merah yang kelapa maupun aren itu sama bagusnya. jadi, sekarang bedanya gula aren dan kelapa sudah di pahami. sekarang, jangan ragu lagi memilih gula ya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © De' Palma News - Blogger Theme by BloggerThemes & newwpthemes - Sponsored by Internet Entrepreneur